Madu adalah:

Madu adalah: -
Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga (sumber : Wikipedia). 

Madu berfungsi sebagai suplemen dan sebagai obat alami yang telah dikenal sejak dahulu. Dan sampai saat ini, para ahli ilmu kesehatan dan kedokteran modern pun mengakui bahwa kandungan gizi yang ada di dalam madu terbukti efektif dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kalangan ahli gizi menyatakan madu adalah minuman terbaik di dunia. Kalangan medis sepakat bahwa selama makanan sehat sudah cukup digunakan dalam pengobatan, tidak perlu lagi menggunakan obat. Selama bisa menggunakan obat-obatan sederhana tidak perlu obat-obatan kimia. (Ibnul Qayyim Aljauziyah). 

Madu terdiri dari berbagai macam jenis sehingga ada perbedaan baik dari segi rasa maupun warnanya. Latar belakang perbedaan jenis madu adalah antara lain berasal dari jenis lebah dan jenis bunga yg dikonsumsi lebah. Dan tidak menjadi masalah, apapun jenis madunya, selama yang memproduksi madu adalah lebah dan tanpa adanya penambahan bahan2 lain untuk memperbanyak volume. Itulah yang dimaksud dengan madu murni/asli. 

Banyak mitos yang kuat yang beredar di masyarakat seputar pengujian madu yang pada hakekatnya tidak bisa dijadikan standard, diantaranya : Madu murni/asli rasanya manis. Rasa madu murni/asli berbeda-beda tergantung dari nectar yang dimakan oleh lebah, dan demikian pula pada madu tidak asli, rasanyapun akan berbeda-beda tergantung dari bahan2 yang digunakan sebagai campurannya. Madu murni/asli jika diletakkan di kertas koran tidak merembes. Ada madu murni/asli yang agak encer (tingkat kekentalan madu berbeda-beda) sehingga dapat merembes pada kertas koran. Madu murni/asli, tidak didatangi semut, baik madu murni/asli maupun madu tidak asli sama-sama dapat dikerumuni semut. Adapun madu tidak asli yang campurannya terdapat serbuk pahit ada kemungkinan padanya tidak dimakan semut karena unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya. 

Ada beberapa cara untuk menguji keaslian madu yang berkembang di masyarakat, hampir seluruhnya benar. tetapi hanya mewakili sebagian sifat madu itu sendiri. seperti kalau kita disuruh memegang gajah dengan mata tertutup, ada yang mengatakan gajah itu mirip ular karena kebetulan memegang ekornya. ada yang mengatakan gajah itu mirip pohon karena kebetulan memegang kakinya. Demikian pula dengan madu.. pengujian dengan dimasukkan dengan air dan digoyang yang kemudian membentuk heksagonal adalah benar, karena demikianlah sifat madu asli. tetapi tidak bisa mewakili karena masih ada bahan makanan lain yang mempunyai sifat yang demikian, misalnya fruktosa dengan kadar air 23% kebawah. 

Demikian juga dengan uji telur, koran atau pH. tidak bisa dipastikan karena banyak bahan makanan yang mempunyai sifat serupa dengan yang ditunjukkan. Kita tidak mungkin mengatakan madu sama dengan cuka karena mempunyai pH yang sama, atau madu sama dengan glukosa karena sama-sama tidak tembus kalau diteteskan dikoran. Hal yang perlu diperhatikan juga bahwa HMF bukan digunakan untuk menguji keaslian madu. HMF hanya untuk mengetahui apakah madu ini telah melalui proses pemanasan atau tidak, apakah madu ini telah melalui penyimpanan yang lama atau tidak. karena HMF akan bertambah dengan proses pemanasan dan penyimpanan yang lama. Semut juga tidak menyukai madu yang encer karena proses fermentasi, karena hasil fermentasi berupa asam, alkohol dan karbon dioksida kesemua hasil fermentasi itu tidak disukai semut. Kristalisasi madu tidak dipengaruhi oleh kadar air, tetapi oleh jenis madu itu sendiri. semisal madu mete yang kadar airnya tidak pernah di atas 20% tetapi tetap mengkristal. demikian juga madu karet dari jawa tengah yang kadang dipanen dengan k.a 25% toh tetap cepat mengkristal. banyak dari kita membedakan lebah ternak dan lebah hutan, sebetulnya tidak ada bedanya. tidak ada yang namanya lebah ternak, karena tetap saja mencari makan dengan bebas kemanapun dia mau. seperti halnya tidak ada lebah hutan, karena jika ketersediaan makanan di hutan mulai menipis (mis bulan desember-maret) maka lebah melakan migrasi. so… lebah adalah lebah, hewan liar. kalo mau nyengat.. ya nyengat ga peduli orangnya cewe cantik atau bayi.

Posting Komentar